Penghargaan Guru Perlu Ditingkatkan


Thursday, 26 August 2010

SALAH satu komponen pendidikan yang sangat penting dalam kerangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan adalah komponen pendidik dan tenaga kependidikan (PTK).

Mutu pendidik dan tenaga kependidikan perlu terus ditingkatkan agar berdampak positif terhadap peningkatan program pembelajaran, yang pada gilirannya akan berdampak pula terhadap peningkatan kualitas keluaran pendidikan. Sejalan dengan hal tersebut di atas,Kementerian Pendidikan Nasional secara terencana dan berkesinambungan menyelenggarakan berbagai program peningkatan kualitas PTK. Salah satu kegiatan peningkatan kualitas PTK pemberi penghargaan atas pengabdiannya dalam pendidikan.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh menyatakan, pemberian sebuah penghargaan bukan sekadar memberi penghargaan belaka.”Tetapi kami ingin membangun budaya. Namanya budaya apresiatif. Kami ingin membangun siapa pun yang berprestasi, yang telah menunjukkan dedikasinya, kami berikan penghargaan. Kami berikan apresiasi,” kata Mendiknas. Menurut Mendiknas, jika budaya apresiatif sudah tumbuh dan berkembang, maka masyarakat akan senang untuk berprestasi. ”Tetapi,kalau budaya apresiatif ini tidak tumbuh, maka antara orang berprestasi dan tidak berprestasi sama saja.

Tidak mendapatkan apa-apa,”ucap Mendiknas. Mendiknas berharap dengan adanya budaya apresiatif ini, masyarakat akan bersemangat untuk terus berprestasi.”Tentu bukan sekadar prestasinya,tetapi juga manfaat dari prestasi itulah yang dinantikan, terutama untuk dunia pendidikan. Memang yang paling dibutuhkan itu adalah semangat,semangat, semangat,”ujar Mendiknas.

Acara Pemberian Penghargaan Guru Berprestasi Tingkat Nasional ini diselenggarakan atas kerja sama Bank Mandiri dengan Kementerian Pendidikan Nasional, yang bertemakan ”Pendidikan Membangun Karakter Bangsa yang Mandiri”. Dalam sambutannya, Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan, acara pemberian penghargaan kepada guru berprestasi tingkat nasional ini merupakan bagian dari cooperate social responsibilityBank Mandiri. Bank negara ini sudah menetapkan pengembangan pendidikan sebagai program strategis. ”Kami ingin berbagi kebahagiaan dengan bapak ibu semuanya,khususnya kepada bapak ibu guru berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional,”kata Zulkifli.

Guru berada di garis terdepan pendidikan. Tanpa Guru, sistem yang dibangun untuk menciptakan generasi penerus yang tangguh dan mandiri tidak akan berhasil. Atas filosofi itu dan untuk menyambut perayaan 65 tahun kemerdekaan Indonesia, Bank Mandiri melalui program Mandiri Peduli Pendidikan memberikan apresiasi sebesar Rp1,696 miliar kepada guru berprestasi. Zulkifli berharap,dengan dedikasi, kerja keras, dan kerja ikhlas dari para guru akan menjadi role model yang bukan hanya bagi para murid,namun juga seluruh jajaran masyarakat.

”Kami juga sangat menyambut gembira upaya pemerintah untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan kualitas para guru dan pengajar,”katanya. Bank Mandiri pertama kali mengadakan acara pemberian apresiasi kepada para guru pada 2005. Bank ini memberi hadiah tabungan kepada para pendidik/guru yang berprestasi sebesar Rp8 juta. ”Kami menyadari bahwa apresiasi yang akan kami berikan kepada bapak dan ibu guru sekalian nilainya sangatlah kecil dibandingkan dengan jasa yang bapakibu guru sekalian persembahkan kepada bangsa ini melalui pendidikan,” ucapnya. Zulkifli mengemukakan bahwa guru yang andal dan peduli lebih berharga daripada gedung sekolah yang mewah dan modern karena bisa membentuk karakter generasi muda yang merupakan inti dari pendidikan. ”Kami ingin memberikan penekanan bahwa setiap kegiatan sosial yang dilakukan Bank Mandiri merupakan bentuk komitmen dan kepedulian terhadap masyarakat Indonesia.Jadi,bukan sekadar donasi biasa,”ujar Zulkifli Zaini.

Apresiasi itu diharapkan dapat memacu kreativitas para guru sehingga bisa bermanfaat bagi anak didik dan meningkatkan aktivitas guru dalam menambah khazanah ilmu pendidikan bagi generasi penerus bangsa. Bagi Bank Mandiri,pendidikan sangat penting untuk kemajuan bangsa. Untuk itu, kepedulian Bank Mandiri tidak saja ditujukan bagi pembangunan atau peningkatan prasarana pendidikan, tapi juga untuk kemajuan generasi muda dan guru. Apresiasi tersebut diberikan kepada 212 guru dari 33 provinsi di Indonesia. Pemerinciannya sebagai berikut, Rp992 juta akan diserahkan kepada 124 guru berprestasi tingkat nasional. Sebanyak Rp240 juta diserahkan kepada 30 guru pendidikan luar biasa (PLB) berdedikasi tingkat nasional, dan Rp464 juta akan diberikan kepada 58 guru daerah khusus atau terpencil berdedikasi tingkat nasional. (hermansah)

http://www.seputar-indonesia.com

3 responses to this post.

  1. naikan gaji guru….

    Balas

  2. Posted by rajito on 1 September 2010 at 03:58

    tingkatkan kesejahteraan guru boss

    Balas

  3. Posted by hoiri efendi on 4 September 2010 at 02:46

    guru sejahtera bangsa maju

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: