Kisi Kisi Ujian Kompetensi Kejuruan tiap Program Keahlian SMK PGRI 1 NGAWI


Uji Kompetensi Kejuruan adalahsalah satu helatan ujian untuk menempuh kelulusan selama bersekolahdi SMK PGRI 1 NGAWI. Yang pernah bersekolah di sekolah ini dan sekarang lulus , ataupun sudah berkerja di luar kota, ataupun sudah berkeluarga, pasti mempunyai romantisme tersendiri dengan uji kompetensi. Ujian ini digelar dari jam 07.00 wib hingga usai jam 17.00 wib. Namun ada jurusan tertentu yang menggelar ujian komptensi hingga dua hari , karena memang jumlah kompetensi yang harus dikuasai ada banyak. Misalkan saja pada jurusan otomotif, siswa hingga dua hari melakukan ujian, mulai dari kelistrikan, engine, diesel, overhaul. Sehingga benar benar menguras tenaga dan pikiran bagi semua yang terlibat, tidak hanya guru penguji, namun yang pasti siswa peserta ujian pasti kelelahan karena banyaknya materi yang harus dikuasai.

Berikut adalah beberapa klue atau kisi kisi yang kira kira akan di jadikan materi pengujian kali ini

Teknik Gambar Bangunan:

Merencanakan Rumah Sederhana ramah lingkungan. Meliputi gambar kerja rumah itu sendiri, dari fondasi, pasangan tembok hingga atap. Penguasaan materi dan penganggaran biaya juga menjadi sarat kelulusan ujian ini.

Teknik Pemesinan :

Keahlian yang harus dikuasai kali ini adalah Frais Universal, Frais bor, Bubut Muka, Bubut Rata, bubut ulir, jenis kisar, dan berbagai pengananan manual pada benda kerja.

adapun penilaian diambil dari beberapa aspek yaitu :

1.sikap kerja

2.keselamatan kerja terhadap siswa itu sendiri dan juga keselamatan pada alat dan bahan

3.pemahaman Standart Operating Prosedure pada saat siswa menagani pekerjaan.

4.dan yang paling  mutlak adalahhasil benda kerja itu sendiri.

Diharapkan siswa yang telah lulus uji kompetensi kejuruan ini benar benar telah teruji mental dan kerangka berpikirnya pada saat menanggani pekerjaan.

Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik :

Jurusan yang satu ini menggelar ujian selama dua hari. Materi yang dipake ujian pun juga sangat beragam, beberapa materi yang harus dikuasai adalah materi yang sangat berguna sekali bagi siswa untuk membekali di dunia industri dan juga masyarakat pada umumnya. materi yang menjadi bahan ujian adalah

1.Instalasi penerangan domestik, untuk rumahan dan kantoran. dari perancangan gambar keadaan hingga penerapan menggunakan dari peralatan APP (alat pengukur dan pembatas), menuju ke PHB (peralatan hubung bagi), sirkuit utama, sirkuir percabangan, hingga sirkuit akhir.

2. Adalah perencanaan instalasi panel star delta untuk motor tiga fasa lebih dari 15 hp. Instalasi panel tersebut menggunakan piranti standartnya yaitu, mcb 3 fase, mcb control 1 fase, 3 kontaktor 3 fase, timer omron, push button start stop.

3. Instalasi control dengan menggunakan Programable Logic Control atau PLC. untuk mengendalikan motor listrik dengan instalasi star delta.

Teknik Mekanik Otomotif :

Adalah Program keahlian dengan jumlah peserta ujian terbanyak, dan juga memakan waktu ujian terlama. Hal ini disebabkan karena jumlah keahlian yang harus dikuasai memang ada banyak. Mulai dari kelistrikan dashboard dan lampu, kelistrikan alternator, tranmisi, dan over haaul.

Waktu yang disediakan adalah satu setengah hari, untuk semua kompetensi.

1. Kelistrikan, meliputi instalasi dari accu, lampu dim lampu kota, lampu sign atau ritting, dan lainya.

2.kelistrikan dari alternator, menuju ke regulator, menuju ke delco dan sampai ke busi.

3. adalah overhaul, pekerjaan yang sangat rumit dan sulit, peserta harus bisa menyetel bukaan lep untuk setelan dingin dan setelan panas.

4. dan yang terakhir adalah transmisi, mulai dari rasio gigi, hingga pada gardan.

Teknik Komputer dan Jaringan:

Pada Program keahlian ini memiliki jumlah peserta yang berimbang antara laki laki dan perempuanya. Maka dari itu bagi para siswa perempuan disiapkan staminanya.

1.Tugas pertama adalah perakitan komponen komputer meliputi mther board, Power suply, memori, vga, prosessor, harddisk dan monitor.

2. Adalah tugas mengintal program windows dan pendukungnya.

3. Adalam menginstalasi antara komputer satu dengan yang lainya menggunakan peer to peer ata memakai topologi jaringan dengan hub atau switch.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: