PELAPISAN LOGAM OCP GALVANIS


 Sambungan Pipa jenis ulir segiempat 1,25″ dan 1,5″

Proses pemesinan menghasilkan benda kerja tertentu, apabila yang dikerjakan itu berbahan ferro (logam yang berasal dari besi, contoh besi, besi karbon, besi tuang dan baja) biasanya akan mengalami karat. sehingga benda kerja perlu dilakukan pelapisan logam sehingga bisa dijual dengan harga tinggi dan kualitas yang baik. Salah satu pelapisan adalah pelapisan OCP Galvanis. Galvanis disini
mempunyai arti yakni melapisi bahan logam dari korosi (karat) dengan proses
tertentu. Warna pelapisan teknik ini bermacam-macam antara lain: putih kebiruan, kuning pelangi, hitam mengkilat (dop).

Sambungan pipa bor ulir segitiga tunggal 1″, dan 1,25″ berpenggerak tangan

Drat Pengatur Singkal Traktor dan penyangga frais

Sejarah tersebut bermula pada tahun 1852.Woouw…udah
lama banget berarti yah.sebelum Indonesia merdeka lagi.hehe…
ketika itu salah seorang perwira AL Inggris yang
bernama Sir Humphry Davy, melekatkan sebongkah besi pada bagian luar badan
kapal berlapis tembaga yang terendam air. Besi cenderung lebih mudah mengalami
korosi yang menimbulkan karat dibandingkan dengan tembaga sehingga ketika
dilekatkan pada badan kapal, laju korosi pada tembaga akan menjadi turun.
Pantek dan Bos Pantek Traktor G1000 dan G1000 Boxer

Pada saat ini, galvanis atau anoda tumbal dibuat dalam
berbagai bentuk dengan menggunakan alloy (campuran logam) dari seng, magnesium
dan alumunium. Potensial elektrokimia, kapasitas arus, dan laju konsumsi dari
campuran logam ini lebih besar sebagai OCP daripada besi.

 Engsel Pagar Ukuran 3/4″, 1″, dan 1,25″

Anoda galvanis dirancang agar memiliki voltase aktif (sebenarnya
secara teknik memiliki potensial elektrokimia lebih negatif) lebih tinggi
daripada logam yang terdapat pada struktur baja. Untuk mendapatkan OCP yang
effektif, potensial dari permukaan baja dipolarisasi (didorong) agar menjadi
lebih negatif hingga permukaannya memiliki potensial yang seragam. Pada tahap
ini, daya dorong yang dapat menyebabkan reaksi korosi menjadi tertahan. Anoda
galvanik kemudian akan terus terkorosi, memakan material anoda hingga suatu
saat perlu diganti. Polarisasi disebabkan oleh laju arus dari anoda yang menuju
ke katoda. Daya dorong bagi laju arus dari OCP adalah perbedaan potensial
elektrokimia antara anoda dan katoda.

Center Pas dan Kunci Toolpost
Informasi Pemesinan:
Khoiri        XL = 081946527838

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: